Share Internet dan UseeTV melalui Wifi / Wireless

Masih banyak yang menanyakan cara sharing Internet dan UseeTV dalam Wireless, saya coba posting lagi dengan implementasi yang lebih sederhana berikut langkah-langkahnya.

Pada Point pertama yaitu sisi Modem, pada sisi ini kita bisa abaikan karena sisi ini modem sudah diset oleh petugas telkom beserta setting STB UseeTV. Bisa dikatakan disisi ini sebenernya Internet dan UseeTV sudah bisa kita nikmati, yaitu dengan STB UseeTV dihubungkan ke Port 4 Modem dan Internet bisa melaui Wifi Modem atau LAN modem. Pengaturan Port ini bisa berbeda tergantung Petugas Telkom diset Internet dan UseeTV di port berapa. Sebagia contoh Internet pada port 1-3 dan port 4 sebagai UseeTV.

Selanjutnya sisi ini sangat penting demi suksesnya Share UseeTV dan Internet pada Wifi yaitu dengan menyiapkan sebuah Router Mikrotik, kenapa kita pilih Mikrotik? Sebagai pertimbangan router ini cukup praktis dan penggunaannya dan konfigurasinya banyak tutorialnya di Internet.

Modem Indihome diset 192.168.1.1

Pada sisi Mikrotik
Set Port 1 Mikrotik dengan address 192.168.1.2/24 Network 192.168.1.0 Interface Inet
Set Port 2 Mikrotik dengan address 192.168.2.1/24 Network 192.168.2.0 Interface Lokal
Set Port 4 Mikrotik dengan address 192.168.10.1/24 Network 192.168.10.0 Interface Hotspot
Pada Port 3 kita tidak set addres karena akan kita gunakan vlan dan port ini di bridge dengan vlan pada hotspot
Berikut cara setting mikrotik dari awal

Buat lah konfigurasi Hotspot pada mikrotik

Setelah Hotspot mikrotik kita sudah berhasil, langkah selanjutnya kita buat Vlan
Pada menu interface kita add name = TVVLAN pada VLANID = 2 kemudian pada interface = Hotspot kemudian OK
Masih pada menu interface beri nama port 3 yang menuju port 4 modem dengan nama UseeTV

Langkah selanjutnya, kita bikin bridge
Pada menu Winbox klik bridge isikan name = bridge1 dan OK
Masih pada menu bridge kita masuk ke sub Port tambahkan 2 bridge yaitu yaitu TVVLAN dan USeeTV pada bridge1

Pada sisi klien kita hanya membutuhkan setting Wifi sebagai Station dan langsung menuju ke STB jangan lupa STB diset VLANID dengan 2



Semoga bisa membantu

Artikel lain tentang UseeTV di hotspot Klik Disini
Update Nonton UseeTV di PC Tanpa STB

20 comments:

  1. mas kalau disisi client pake switch gimana settingan switchnya saya sudah coba tapi sampai sekarang blon bisa
    kalau langsung dari wifi station ke stb sudah bisa jalan tapi kalau pakai switch blon berhasil nyetting switch nya (sya pakai switch DES-3028) terima kasih kalau ada yg bersedia membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. blm pernah pake mas, kalo langsung stb mungkin kalo ada untuk konfigurasi dari port station menuju port untuk STB dibikin bridge, atau di unmanag

      Delete
  2. mas saya coba trial error dengan konfigurasi modem>>mikrotik>>swicth>>ke radio BM2HPAP lalu di sisi client Radio tplink 5210 >>swicth>>>STB hasilnya belum bisa,hanya saya coba-coba ping ke ip google via STB hasilnya reply (STB Baru Yang Hitam)

    ReplyDelete
  3. estimasi biaya penambahan berapa om?

    ReplyDelete
  4. Untuk client wa5210g bisakah ya mas dwi

    ReplyDelete
  5. tp-link tl-mr 3420 openwrt untuk ap support useetv via hotsport sekedar berbagi izin nimbrung

    ReplyDelete
  6. mas dwi....mhon di pandu dong.....?
    mnta no hp nya.........?

    ReplyDelete
  7. yang pengen jelas type alat serta konfigurasinya (point to point tanpa mikrotik) boleh tanya2 ke email saya di n.jaringan@gmail.com, dengan senang hati saya bantu. sudah saya terapkan dirumah dengan 1 buah akses point untuk 2 buah client stb yang udah daftar di telkom.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa aja yang dibutuhkan untuk membangun usee tv dengan wifi mas? , ada gambarnya kan?

      terus kira" berapa budget beli barang"nya , dan apakah ada pengaruh pengurangan kecepatan saat kita memakai internet dan usee tv secara bersamaan?

      makasih :D , gambaran topologi diatas ane kurang paham , karena gk ada tulisan nama alat tersebbut makasi mas

      Delete
  8. yang pengen jelas type alat serta konfigurasinya (point to point tanpa mikrotik) boleh tanya2 ke email saya di n.jaringan@gmail.com, dengan senang hati saya bantu. sudah saya terapkan dirumah dengan 1 buah akses point untuk 2 buah client stb yang udah daftar di telkom.

    ReplyDelete
  9. Perlu switch, AP, dan client wifi yang support vlan

    ReplyDelete
  10. selamat malam mas... saya mau tanya.... untuk ap yang di gunakan merk apa yah?
    koq saya klaw mneggunakan kabel melalui switch konek namun untuk nyebrang via wireless useetvnya gagal connect namun internetnya konek...
    apa apnya yang saya pke g kuat?....

    saya menggunakan TL-WA7210N disisi modem dan TL-WA5210G pada sisi client
    mohon bantuannnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa pengalaman pake 5210 gagal. rekomendasi pake produk ubnt

      Delete
  11. mas kalau pasang 3 useetv , ngurangin bandwidth ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. blm pernah coba, tp setau saya usee tv punya alokasi bw sendiri

      Delete
  12. Saya sudah coba dan bisa,jarak antar AP 1km,dikedua sisi AP pakai mikrotik,seperti di gambar.Pertanyaan sy kenapa IP di STB Hybrid sama Gateawainya satu kelas ya mas Dwi,sementara kalau STB sy colok langsung ke modem Lan 4 antara IP dan Gateawaynya gak sama,jadi saya hanya bisa TVOD dan HBOD,sementara yang live belum bisa.Ada pencerahan Mas,suwun sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti stb masih dpat ip gateway, gateway dibuat jangan dhcp coba

      Delete
  13. saya coba pake TLW5210 mode bridge point to point tanpa mikrotik, sehari bisa menikmati siaran useetv, hari ke 2 sudah error 1302 settingnya apa ada yang salah ? status stb ip dapat 192.168.1.12 padahal hari pertama lancar jaya mohon bantuannya thnks seblumnya

    ReplyDelete

http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com