USEETV numpang di jaringan Hotspot Mikrotik

Kemaren ane pasang line Indihome dg 3 P, sementara yg terpakai hanya internetnya saja, sementar UseeTV ga terpakai karena ga ada TV berharap ada yang beliin tapi ditunggu berhari2 tak kunjung ada yg ngebeliin TV buat ane, 
Ane pikir daripada Setopbox UseeTV ini nganggur gimana caranya biar UseeTV ini bisa dipakai tp jarak jauh ikut numpang jaringan hotspot yg sudah ane punya. 
Setelah cari2 refrensi serta trial n error akhirnya berhasil jg USEETV ane bisa dinikmati dari jarak 2km dari pusat line dari telkom.
useetv channel lewat wifi


Langsung aja ke TKP :
Sisi Server
1. Sistem Hotspot sudah berjalan dengan baik, kalo yg belum diselesaikan dulu atau Bikin Hotspot
2. Pada mikrotik bikin VLAN di port Hotspot pada contoh IPTVHotspot
3. VLAN hotspot kemudian dibuat bridge dengan port yang konek dengan port USEETV pada contoh iptv ke modem bawaan speedy

Sisi Client
1. Bikin vlan pada port dimana port yang dibikin gateway
2. Vlan tersebut harus sesai dengan VLAN ID server
3. Vlan yang sudah dibuat kemudian set bridge dengan port dimana port tersebut mengarah ke setopbox dari telkom yang dibuat untuk USeeTV

Update lebih mudah, kita tidak perlu menggunakan router di sisi klien jika STB yang kita miliki mengguankan STB dari telkom yang warna putih seperti gambar.
Hanya dihubungkan ke perangkat Wireles kita, kemudian di STB aktifkan menu VLAN. USeeTV kita bisa kita gunakan.
Selamat mencoba semoga keberhasilan bersama anda 1
 Update Nonton UseeTV di Komputer tanpa STB
Untuk yang ingin tutorial melalui youtube Klik Disini

Tag : Useetv lewat wifi hotspot wireles useetv via wifi , useetv lewat wireless

50 comments:

  1. josssssssssss ,,, biarpun diplosok tetep bisa lihat U see TV

    ReplyDelete
  2. betul mas, kalo nunggu dari indihome sampe di rumah ga sabar berapa puluh tahun lagi

    ReplyDelete
  3. Kalo boleh saya minta tutorial yang lebih jelas om,
    maklum saya belum paham tentang mikrotik.
    kalo boleh kirim ke email saya eko.iskandar@ymail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan, lagi ane coba buat postingan yang lengkap

      Delete
    2. Kronologinya begini om,saya punya jaringan PTP(point to point)
      menggunakan airgrid M5Hp,bagaimana agar useetv bisa saya akses
      dari client/Station,sedangkan ip berbeda:semisal ip useetv 169.254.12.80 netmask 255.255.0.0 dan untuk ip internet masih defaul 192.168.1.1 netmask 255.255.255.0
      Saya mohon saran dan tutorialnya...
      Terimakasih sebelumnya..

      Delete
    3. Kronologinya begini om,saya punya jaringan PTP(point to point)
      menggunakan airgrid M5Hp,bagaimana agar useetv bisa saya akses
      dari client/Station,sedangkan ip berbeda:semisal ip useetv 169.254.12.80 netmask 255.255.0.0 dan untuk ip internet masih defaul 192.168.1.1 netmask 255.255.255.0
      Saya mohon saran dan tutorialnya...
      Terimakasih sebelumnya..

      Delete
    4. @Eko: UseeTV itu dhcp ip publik, kalo koneksi bener dia ga terpengaruh ip lokal. Pake mikrotik

      Delete
    5. ni link youtube nya semoga membantu https://youtu.be/5Zd0WjuXTN4

      Delete
  4. Punya saya lebih komplek jaringanya om, mohon pencerahannya. GPON>RB450>GROVE AP BRIDGE>STATION RB433+AP>CLIENT5210>MIKROTIKRB951U. posisi saya di RB951U

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh routernya byk yah, tp menurut ane asal tiap rb dibikin vlan sesuai id server sepertinya bisa berjalan

      Delete
  5. wow, caranya bisa dan work om. tp ad pertanyaan, klo useetv bisa via hotspot, jika ada 2 tetangga saya masang, apakah nanti channelnya bisa berbeda di tiap rumah., ?misal yg satu nonton s,ctv yg satunya indosiap?

    ReplyDelete
  6. Ga bisa mas, kan memang bukan share cuma numpang jaringan, useetv kan tip STB sendiri2 1 account

    ReplyDelete
  7. Assmlk... Ane mau tanya klo stb useetv yg warna hitah bisa di hotspotkan engga? Gmn cara sttingnya d mikrotik. Makasih

    ReplyDelete
  8. STB ga bisa dihotspotkan, yg hotspot kan harus AP

    ReplyDelete
  9. mas saya pasang indihome dngn router ZTE, trus di lantai 2 saya pasang wifi range extender TPLINK (universal), bagaimana koneksi STB dengan lewat wifi range extender..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. blm coba, tp sepertinya untuk menggantikan kabel dari ke STB jadi bikin AP lagi dari keluaran port yang menuju ke STB (port no 4 modem biasanya) baru nanti dari extender pake kabel LAN menuju STB. Smoga sukses

      Delete
  10. apa bisa dibuatkan videox di youtube step by step setting untuk bisa konek antara mikrotik ke stp indihome. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://youtu.be/5Zd0WjuXTN4
      semoga bisa membantu

      Delete
  11. mas kronologinya gini, saya punya routerboard mikrotik trus saya buat 3 vlan disitu trus disambungin ke switch biasa, nah salah satu vlannya nyambung ke tv indihome trus pas saya coba set static lan sesuai ip vlannya di tvnya tetep engg bisa , gimana tuh mas? ada saran engg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sarankan jangan pake ip statis, karena stb menggunakan dhcp ke server telkom

      Delete
  12. minta tolong ini gimana ya? pake STB yg hitam, seting vlan di STB nya saya pilih buka pas di tekan ok muncul pilihan vlan id buat DHCP, VOD, TV Live, Lain2, defaultnya 0 semua, saya coba masukin sesuai vlan id server setelah di ok kok mbalik ke halaman seting vlan tp di posisi tutup, di buka lg, ok lg muncul pilihan tadi lg, jd cuman bolak balik,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang hitam emang begitu, ga bisa disetting vlan-nya, saya jga coba belum berhasil

      Delete
  13. klo tidak menggunakan mode hotspot bisa gk om>?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, malah justru lebih ga ribet karena hotspot

      Delete
    2. bisa, malah justru lebih ga ribet karena hotspot

      Delete
  14. modem indihomenya harus disetting bridge dulu ya om...kalau settingan indihome nya biasa aj bisa ga...
    trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak harus bridge, punya saya pppoe di modem, jalan lancar

      Delete
  15. bang saya uda coba ikuti vidio diatas masih belum bisa uusetv
    tolong bang sekalian vidio sisi client

    ReplyDelete
  16. Terima kasih mas dwi atas bantuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas, saling berbagi. tinggal di optimalis lagi biar AP suport semua

      Delete
  17. Mode vlan boleh bisa 1mikrorik tapi napa ya gak semua ap bisa saya udah coba tapi klu pakai 2 mikrotik mode tunel semua ap bisa siapa tau ada yg uda berhasil

    ReplyDelete
  18. mas kur, mo nanya nih, bisa ga di stb nyala di lokal pc juga kita bisa sekalian jalanin tuh vlc? kalau bisa caranya gimana yah mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://hokynet.blogspot.co.id/2015/12/nonton-useetv-lewat-pc-tanpa-stb.html

      Delete
  19. https://www.facebook.com/un.ng.7

    ReplyDelete
  20. om dwi.....bsa mnta di pndu lwat tlp g....?
    q mnta no hp nya dng...?

    ReplyDelete
  21. ini ilmu wowww terimakasih gan... mungkin sedikit bisa ditambah lagi... telepon analog... 2km 100 minute gratis tambah wauoooo woauuuuu...

    ReplyDelete
  22. mas mau tanya kalau udah dilewatin mikrotik terus pakai kabel ke swith... aoakah bisa setiap portnya dipakai untuk useetv??
    mohon bantuannya..
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tambah vlan kalo mau vlan atau bridge aga

      Delete
  23. Pake powerline aja, lewat jaringan listrik dirumah kita pasang powerline... Saya udah coba dan sukses mindahin stb useetv kelantai 2 berfungsi dg baik, sementara modem dilantai 1

    ReplyDelete
  24. bisa upload ulang ga vid nya mas... punya saya stb warna item tuh pengen coba .. apa beda stb bisa mau bisa ngga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf chanel saya kena banned, justru yg reupload video saya pernah saya liat masih, tp ga ingat link nya, sudah ga punya videonya

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. mau nanya bang, kalo yg sementara saya punya gini di RBnya
    :ether1 ke modem
    :ether2 ke hotspot
    :ether5 ke lokalnya
    :ether3 dan 4 masih kosong
    pertanyaannya apakah bisa ether3 sy sambungkan ke port4 modem dan ether3nya yang ke stb indihome, atau yang stb disambungkan ke ether5 (lokal)????
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  27. port 4 modem bisa disambungkan ke port mana saja yg kosong, langkah selanjutnya buat vlan kalo mau dihubungkan di salah satu interface yg dipakai jaringan, (bisa lokal, hotspot) kalo hanya untuk STB sih tidak perlu masuk ke RB. Kalo sesuai judul ini, anda harus bikin vlan di port hotspot, kemudian vlan tersebut di bridge dengan port3 (yang terhubung dengan port 4 modem)

    ReplyDelete

http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com